Sabtu, 30 Mei 2009

Es Pisang Ijo

Weekend2 gini aku ada di kampung halaman buat ngurusin bisnis ayam yang baru jalan 2 mingguan.. Tiba2 my mom ngajakin ke bandung buat mengakuisisi eh maksute mengajak kerjasama tukang es pisang ijo yang jualan deket kos-kosan adikku.. katanya buat nambah2 menu di kedai ayam biar pelanggan ga bosen.. karena kadangkan orang cuman pengen makan yang seger2 aja.. Dipikir2 prospeknya emang cerah sih soalnya kan ini udah masuk musim kemarau, panasnya makin hari makin menyengat.. trus bentar lagi kan bulan puasa jadi kalo mu bedug magrib pasti bakalan banyak orang yang nyari ta'jil buat buka puasa. Tapi kok ya ke Bandung segala gitu..masih tekor & bokek habis launching kedai ayam itu.

Udah jadi anggota NCC, malu dong ga nerima tantangan bikin sendiri, akhirnya aku sanggupin ke mama.. kalo beliao pulang ngajar tu pisang ijo belom jadi baru deh kita berangkat ke bandung.

Langsung aja pagi2 itu juga cegat tukang sayur yang biasa lewat depan kompleks buat beli pisang, coz tepung berasnya sih kebeneran emang ada stock di rumah.

Penghuni rumah pada pergi (Mama, Papa, & adikku yang SMA), baru lah online di internet buat cari resep es pisang ijo ini.. ditemani suami ku yang mondarmandir siap2 mu berangkat acara peresmian wilayah bebas sampah ato apa gitu...(pak seklur..pak seklur.. hari sabtu gini masih aja ada acara). Akhirnya dapet juga resep es pisang ijo nya, nanya2 di milis NCC dibales sama mba Penny dari LG, kalo anggota NCC yang lain kayaknya lagi pada sibuk persiapan buat HMFF (Home Made Food Fiesta a.k.a kodar tahunan NCC) besok yang mana sayangnya aku blom bisa gabung karena masih sibuk ngurusin ayam..ayam.. dan ayam...

Ini nih resepnya,,


Es Pisang Ijo

By : Inong haris

bahan2

40 gram tepung beras

1/2 sendok teh garam

300 ml air

100 ml air daun suji

3 tetes pewarna hijau

175 gram tepung beras

5 buah pisang raja yang tua (aku pake pisang bangka)

es serut

sirup merah


Bahan Saus:

650 ml santan

50 gram tepung terigu (kalo aku tetep pake tepung beras, jadinya bubur sumsum)

75 gram gula pasir

1 lembar daun pandan

1/4 sendok teh garam


Cara Mengolah :

1. Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.

2. Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis(tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.

3. Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.

4. Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.

5. Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.


Kalo versiku karena dirumah ga ada timbangan jadi pake feeling aja, tapi hasilnya... masterpiece dari postingan2 sebelumnya... enyak.. maknyus...dan indah..... sedap dipandang mata dan ga kalah sama es pisang ijo-nya A**D*N yang franchise itu..

silakan dinikmati... bisa dipesan di kedai ayam ku mulai besok pagi hehehe.. new menu ceritanya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar