Jumat, 10 Juli 2009

Cheese Cake For My Sister

Pulang dari family day tanggal 6 juli kemarin, aku langsung baking lagi dalam rangka ultah adikku yang masih kuliah, viera (happy 21 birthday ya de....). Karena bosen sama yang berbau coklat dan udah blenger sama ketan hitam akhirnya dipilihlah cheese sponge cake. Pake resep sponge cake dari kursus cake dasar NCC trus dimodifikasi sesuai persediaan telur dan ditambah keju parut.


Resep dasar sponge cake
Kursus cake dasar NCC modified by viena (halah gaya euy)

bahan :
8 butir telur ukuran sedang (aku cuma punya sisa telur 6 butir jadi bikinnya 3/4 resep)
200 gr gula (aku : 3/4 x 200 = 150 gr gula)
225 gr tepung terigu ( aku pake segitiga biru +/- 170 gr)
1 sdm emulsifier (aku pake tbm)
100 gr margarin, lelehkan

tambahan : 50 gr keju parut (menurut teori dari bu Fat penambahan keju maksimal 20%) jadi 35 gr yang dimasukkin adonan dan 15 gr untuk taburan


Cara membuat :

1. Kocok telur dan gula sampai dengan naik, masukkan emulsifier kocok terus sampai kental (istilah di NCC sampai jambul petruk, jadi kalo mixernya diangkat adonan ga bakal langsung jatuh).

2. Tuang tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata (yang ini sebaiknya aduk searah aja)

3. Masukkan margarin cair, aduk rata (ini baru pake teknik aduk balik biar ga bantat kuenya)
Masukkan keju bila suka.

4. Tuang ke dalam loyang 22 cm yang telah di oles margarin dan di alas kertas roti (aku karena bikin 3/4 resep jadinya pake 2 loyang oval, tapi hasilnya kurang tinggi jadi lain kali kayaknya pake 1 loyang oval aja>

5. Oven selama 45 menit pada suhu 180 derajat ( kalo pake loyang kecil2 gini bisa lebih cepat matang, jadi pantau terus ya...)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar