Rabu, 17 Juni 2009

Cake Madu (Tanpa) Jeruk

Udah lama nih gag eksperimen.. Jadi walopun suami lagi di rumah tadi malem, aku minta izin buat bikin eksperimen, kalo engga belajar kapan naik kelasnya dong.. Jadi setelah ku mencari dan terus mencari, akhirnya diputuskan, bahwa eksperimen malam tadi akan diambil dari kumpulan resep snack box dari tabloid saji yang sudah teruji di milis NCC oleh mbak Ika Mahanani. Karena kebetulan aku juga punya tabloid saji yang edisi itu maka langsung aja aku buat.

Bahan2 hampir semuanya tersedia, kecuali telur mana di luar hujan lagi...untunglah suamiku mau bantu buat beliin ke warung sekalian bayar kontrakan hehehe (makasih ya sayang).

Cake Madu Jeruk
(recipe from Tabloid Saji)

Bahan2:
125 gram terigu protein rendah (aku pake kunci biru)
50 gram gula halus
75 gram minyak goreng
20 gram madu
80 ml susu cair
5 kuning telor
5 putih telor
1/2 sdt garam
1/2 sdt cream of tartar
75 gram gula pasir
cara membuat :
1. ayak terigu tambahkan gula halus, aduk rata.
2. campur minyak, madu dan susu, aduk rata. tuang ke terigu dikit2, aduk rata. tambahkan kuning telor, aduk rata. Sisihkan.
3. kocok putih telor, garam, cott, sampai setengah mengembang. Tambahkan gula dikit2 sampai soft peak.
4. tuang dikit2 ke campuran terigu, aduk pelan dan rata.
5 Tuang di loyang 28x28x4 (aku 20x20x7... ketinggian nih loyang) dialas kertas roti tanpa dioles margarine.
6. Oven 30 menit suhu 180 derajat celsius.
7. Potong sesuai selera.
8. oleskan selai jeruk, (aku ga punya nih... jadi di poles ganache sisa BDCK ku hehehe ditabur coklat bubuk biasa..tiramisu style)

Ini adalah penampakan cake madu jeruk buatan mbak ika mahanani, cuakepp ya.... nyummy




Naah sekarang coba lihat punyaku...
Ini waktu belom dikeluarin dari loyang


Ini waktu udah dipotong2:

Dan ini waktu udah dihias ganache :

Kalo dibandingkan kreasiku dengan punyanya mba ika...... absolutely kacau deh punya ku ini..

Tapi..tapi..tapi.. dibalik itu terselip kebanggaan... kueku kali ini ga bantet lho.... moist.. hasil dari menahan diri untuk ga buka2 oven sebelum waktunya..

Tapi ada juga sih cerita kegagalannya (teuteup) :

1. cakeku miring akibat panas oven yang ga merata, jadi bagian belayang loyang ngembangnya ga setinggi bagian depan, walo setelah tau sempet aku balik posisinya tapi kayaknya udah ga ngaruh deh..

2. Aku harus belajar menahan diri untuk ngga nyentuh cake sebelum dingin... kemaren masih panas2 udah aku potong2 dan kletekin (kuliti) kertas rotinya jadi aja bopeng2 gitu kuenya. Mana motongnya pake pisau biasa bukan pisau kue

3. Walopun cakeku ngembang, ada endapan tipis di dasar cake, mungkin pengadukanku kurang rata.

4. Lain kali pake loyang yang sesuai ukurannya, pake loyang tinggi menurut primbon akan menghalang sebaran panas

Demikian reportase saya untuk eksperimen kali ini, kuenya silakan icip di mejaku yaaaa

(psssst pak seklur kasih jempol lho untuk kue yang ini)

1 komentar:

  1. ditambah ganache?mmmhh..nyummy...kalo' dari rasa dah oke kan?mungkin kurang mateng aja atasnya jadi gak bisa kering, so pas dibalik gak bisa smooth permukaannya...

    BalasHapus