Senin, 22 Juni 2009

My First Cooking Class

Huaaaa rasanya gag percaya kemaren habis ikutan cooking classnya dapurbunda, materinya aneka chocolate cake. Ini cooking classku yang pertama, sampe bela-belain berangkat dari sukabumi jam 6.30 baru nyampe tempatnya jam 10 lebih dikit, agak telat sih sampe ga ikut sesi kenalan.. tapi untung blom mulai.

Yang ngajar cooking class ini teh neng indah, adiknya almh. bunda inong (al fatihah for you bunda) tempatnya di rumahnya.. di taman buaran indah 1, ini juga sebenernya aku modal nekat aja pergi kesana, buta arah dan ga tahu jalan. Berbekal info mikrolet mana yang harus dinaikin aja. alhamdulillah sampe dengan selamat setelah puter2 kebingungan.

Sebelom cerita tentang kursusnya... kemaren itu sebenernya agak2 grogi campur excited juga karena aku mo ketemu sama figur2 yang selama ini cuma aku baca kisahnya via blog aja, the famous zidan & syifa (anak2 almh. bunda inong). Sayangnya zidan lagi nginep di rumah kakek neneknya yang satu lagi (di priok kalo ga salah), tapi syifa ada sih,, dan malu2 gitu kayaknya karena rumahnya diserbu banyak tante2 asing. Jadi ga bisa liat kenesnya deh... soalnya syifa seharian nonton cartoon network hehehe... tapi selain zidan sih kayaknya semua lengkap, kita absen ya.. syifa, ayah haris, mama neng, adik sally, umi, kakek buaran, sampe mba piah ada semua oh iya plus fotografer dari studio yang disewa untuk mendokumentasikan (kuenya bukan pesertanya !!! hehehe)

Peserta cooking class kali ini ada 12 orang, mulai dari ibu 5 anak, beberapa ibu hamil, dan yang paling muda kayaknya masih kuliah. Semua berkumpul di satu meja makan, dengan memegang resep yang sudah dibagikan trus gantian mengerjakan step2 sesuai resep. Aku lumayan proaktif lah disitu, mulai dari ngukur, ngocok telur sampe dekor2 semua aku cobain.. soalnya aku pengen banget setelah kursus ini mendapatkan faedah (halah bahasanya ga gaul bener). Tapi jangan dikira aku menyabotase giliran orang lhooo... soalnya kan ada 4 materi kue.. jadi semua bisa kebagian. Cake yang dipraktekin kemaren :
1. Dasar : Sponge Cake Coklat
2. Black Forest ala dapurbunda
3. Choco Devil
4. Gateau Aficain
5. Mud Choco Coffe

Yang aku pelajari antara kursus kemarin dengan caraku membuat kue adalah kesalahan utamaku sehingga kalo bikin kue bantat terus adalah waktu pengocokan telurku kurang lama dan wadah yang aku pake buat ngocok telur terlalu kecil jadi begitu udah mau luber adonannya, pengocokan langsung aku stop, harusnya pake baskom ato wadah yang gede banget sehingga telur bisa naik dengan maksimal. Yang kedua adalah, mencampur terigu tidak boleh menggunakan mixer, cukup pake spatula, diaduk sampe rata dan jangan terlalu lama juga.

Well, semoga besok2 aku bisa bikin sponge cake dengan sukses... amin.

Ini foto2 cake hasil kursus kemarin, kurang si mud choco coffe nya karena masih di oven.



Ini black forestnya, yummy..... pake dark cherry dan whip cream..





Kalo yang ini choco devil... isinya 100% coklat..coklat dan coklat... pokoknya nyoklaaaaaat




Nah yang ini gateau afriacain spong cake yang ditengahnya ada vla.....

Ayo..ayoo.. pembaca.. segera pesen kue-kue ini sama akyu ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar