Senin, 08 Juni 2009

My First BDCK bantet (again????)

Happy birthday to me.. yeiy horeeeee
di usiaku yang ke 25 ini, wishlistku cuma 1 yang penting.. segera hadir buah hati dalam pernikahan yang hampir berjalan 1 tahun ini.. dan semoga dengan bantuan doa dari keluarga, temen2 dan kamu (iya.. kamu yang baca blog ini) hal itu segera jadi kenyataan.

Jadi dari kapan tau udah niat banget pengen bikin birthday cake untuk diri sendiri (habisnya belum ada customer yang percaya untuk pesen BDCK sama aku sih). Dan setelah meng-googling berjam-jam pas pak seklur lagi main badminton dapet lah resep yang (kayaknya) mudah untuk di praktekkan. Aku terinspirasi dari resepnya mba Ria Chocoloveid (mba.. minta izin copy paste untuk dipake resepnya ya..)

CHOCOLOVE ORANGE CAKE
By : Ria 'Chocolove id' Heliyanti (modified by viena yang tulisan biru ya..)

BAHAN2 YG DIPERLUKAN :

CAKE
Bahan :
8 btr kuning telur
1 btr telur utuh
100 gr gula kastor
45 gr terigu
1/2 sdm susu bubuk
5 gr emulsifier
1/2 sdt vanili bubuk
65 gr margarin + 50 gr butter, kocok hingga pucat &lembut

Cara membuatnya :
panaskan oven dan siapkan loyang bulat dg diameter 22cm (alasi dg kertas roti lalu olesi dg margarin).
Campur semua bahan (kecuali margarin dan butter), lalukocok sampai mengembang.Masukkan campuran margarin, aduk hingga rata.Tuang ke dalam loyang lalu panggang dlm oven sampai matang.
Keluarkan cake dr loyangnya dan biarkan dingin. Lalu belah menjadi 2. Cake siap digunakan.
Untuk cake nya aku ga ada modifikasi deh perasaan, tapi kok hasilnya bantet.. tipis banget, kayak buat bolu gulung aja. Yang aku sadar sih ukuran loyang, di reccomend pake loyang bulat diameter 22cm, aku pake nya loyang 22x22x7, jadi dari awal emang loyang nya keliatannya kegedean. Sama aku ngocoknya kurang lama deh kayaknya... jadi karena hasilnya tipis dan bantet aku belah 2-nya ga horisontal tapi vertikal

ORANGE SYRUP :
100 cc air kaleng jeruk mandarin ditambahkan dg50 cc Sanquick orange (atau 1 sachet nutrisari)
(kalo ini aku modified jadi strawberry syrup, karena mandarin kaleng lebih mahal dari strawbwrry segar hehehe, jadi aku bikin simple syrup (air+gula pasir 1:1) dicampur dengan 1 scahet jasjus rasa strawberry)

WHITE GANACHE :
270 gr whipcream bubuk (130 gr merk pondan)
415 gr air (200 ml air)
125 gr yoghurt orange atau apricot (Elle & Vire) -> ( 125 gr yoghurt strawbwrry merk yummy)
250 gr white cooking chocolate
2 lembar (5 gr) gelatin (ga pake, karena ga nemu)
60 cc air utk merendam gelatin (ga perlu, karena ga pake gelatin)
1 kaleng jeruk mandarin, tiriskan jeruknya, potong2. (100 gr strawbwrry segar dicincang)
1 kaleng jeruk mandarin, tiriskan & biarkan utuh. ( 3pc strawberry segar u/ topping)
2 buah kiwi, kupas & potong2. (ga pake.. mahal 20rb dapet 3 biji aja)
lembaran coklat decorating (hancur berkeping2 jadi remahan coklat decorating wakakak)
Cara buat white ganache :

rendam gelatin dlm air slm 25 menit, lalu buang airnya.campur krim bubuk dg air lalu aduk rata sampai larut.lalu campurkan dg yoghurt dan gelatin, lalu panaskan(tdk sampai mendidih), angkat. lalumasukkan wcc, aduk rata sampai wcc larut semua.biarkan dingin lalu simpan di freezer sampai beku, ketika akan digunakan kocok sampai mengembang. (dan disinilah musibah terjadi.. saat ganache sudah beku pas aku mikser pake mikser national kado dari nok meong hani dari majalengka.. hancurlah bagian dalamnya...sampe si kocokan ga bisa dipasang lagi...)

Penyelesaian :

ambil selembar cake, basahi dg orange (strawberry) syrup. oleskan white ganache secukupnya & letakkan potongan2 jeruk mandarin (strawberry) secara merata.tutup lagi dg selembar cake, basahi cake dg orange (strawberry) syrup. lalu tutup seluruh permukaan dg white ganache.hias dg buah & potongan coklat decorating. simpan dikulkas agar tetap segar.


Catatan
Membuat potongan coklat decorating : lelehkan 200 grwcc. campur sedikit wcc tsb dg pewarna orange (oilbase)--> aku ga pake pewarna, putih polos aja. lalu sapukan dg kuas ke cetakan, lalu tutup dg sisa wcc. biarkan dingin. lalu potong2 dg pisau ygsdh dipanaskan, sesuai dg ukuran yg dikehendaki. Cake ini sebaiknya selalu disimpan/diletakkan didalam kulkas.

Dan inilah penampakan kueku.. lumayanlah..


kalo yang ini kue ultah dari pak seklur suamiku tersayang...



suamiku baru bangun, belom mandi lagi nyalain lilin ultah...

dan ini tumbal dari project kali ini, nok meong hani.. makasih ya kado nya.. walopun umurnya ga nyampe 1 taun.. tapi sangat berguna menemani perjalananku di awal2 baking ini. hiks.. sedih.. bubye mikser national...

1 komentar:

  1. For my dear friend, happy bday ya..
    So pasti aku ikut mendoaken smoga Viena segera dikasi momongan.
    Jangan putus asa ya jeng, selalu berdoa dan ""berusaha"" terusss :P

    BalasHapus